Purple Spinning Frozen Snowflake

Selasa, 23 Agustus 2016

Penjelasan Computer Hardware, Opereating System, Utilities, Application Programs

Bagian / Lapisan
Penjelasan
Computer Hardware
Hardware komputer atau yang disebut juga dengan nama perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang memiliki sifat bisa dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung atau yang berbentuk nyata, berfungsi untuk mendukung proses kompterisasi. Hardware dapat bekerja berdasarkan perintah – perintah yang telah ditentukan sebelumnya. Dengan adanya perintah yang dapat dimengerti oleh hardware tersebut, maka perangkat keras tersebut dapat melakukan berbagai kegiatan yang dapat ditentukan oleh pemberi perintah (brainware). Perangkat hardware terbagi menjadi 5, yaitu :
           Input Device (Unit Masukan)
           Processor (Pengolah Data)
           Output Device (Unit Keluaran)
           Storage Device (Unit Penyimpanan)
           Peripheral device (Komponen Pelengkap)
Operating System
Sistem operasi adalah komponen pengolah piranti lunak dasar tersistem sebagai pengelola sumber daya perangkat keras komputer (hardware), dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Ini jenis yang paling penting dari bagian perangkat lunak komputer. Tanpa sistem opeerasi, pengguna (brainware) tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputernya, KECUALI program booting. Sistem - sistem operasi utama yang digunakan komputer umum (termasuk PC, komputer personal) terbagi menjadi 3 kelompok besar, yaitu :
           Sistem Microsoft Windows
           Sistem Unix
           Sistem Mac OS
Utilities
Perangkat lunak utilitas merupaka perngkat lunak komputer yang didesain untuk membantu proses analisis, konfigurasi, optimasi, dan membantu pengelolaan sebuah komputer ataupun sistem. Perangkat lunak utilitas lebih memfokuskan kepada penggunanya pada pengoptimasian fungsi dari insfrastruktur yang terdapat dalam sebuah komputer. Karena fungsinya, perangkat ini umumnya tidak ditujukan untuk pengguna secara umum, melainkan ditujukan untuk pengguna yang memiliki pemahaman atas cara kerja sistem komputer yang cukup baik. Berikut contoh – contoh program Utilitas, yaitu :
           Backup data
           Antivirus
           Kompresi data
Application Programs
Aplikasi komputer merupakan suatu perangkat lunak komputer yang memiliki fungsi tertentu dengan tujuan yang diinginkan oleh si pembuat aplikasi (programmer). Aplikasi komputer biasanya diciptakan untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan suatu tugas didalam sebuah komputer, seperti mengolah data maupun untuk keperluan editing. Berikut beberapa jenis aplikasi komputer, yaitu :
           Aplikasi Internet (Google, Mozilla Firefox, Microsoft Edge)
           Aplikasi Grafis (CorelDraw, Adobe photoshop)
           Aplikasi Programming (Visual Basic, Delphi 7)
           Aplikasi Perkantoran (Microsoft Office)
           Aplikasi Multimedia (Winamp, AIMP3, Window Media Player)
           Aplikasi Permainan (Solitaire, Chess)

Tidak ada komentar :