Purple Spinning Frozen Snowflake

Senin, 26 September 2016

Jenis - Jenis Arsitektur

Arsitektur perangkat lunak adalah merupakan struktur-struktur yang menjadikan landasan untuk menentukan keberadaan komponen-komponen perangkat lunak, metode atau cara untuk mengelola (organisasi) komponen-komponen tersebut untuk saling berinteraksi. Arsitektur sistem operasi adalah merupakan arsitektur perangkat lunak yang digunakan untuk membangun suatu perangkat lunak sistem operasi yang akan digunakan dalam sistem komputer. Sistem operasi merupakan kumpulan dari program-program (prosedur,fungsi, library) dimana prosedur dapat saling dipanggil oleh prosedur lain di sistem bila diperlukan”.
1) Sistem Monolitik.
2) Sistem Berlapis.
3) Sistem Client/server.
4) Sistem Virtual mesin.
5) Sistem Berorientasi objek.
  • Sistem Monolitik
Hasil gambar untuk System call pada Model struktur monolitik sistem operasiModel sistem call dilakukan dengan cara mengambil sejumlah parameter pada tempat yang telah ditentukan sebelumnya, seperti register atau stack dan kemudian mengeksekusi suatu intruksi trap tertentu pada monitor mode. Keunggulan dari system Monolitik ini adalah: layanan terhadap job-job yang ada bisa dilakukan dengan cepat karena berada pada satu ruang alamat memory.
Ciri - cirinya :

1. Sistem operasi sebagai kumpulan prosedur yang dapat saling panggil.
2. Sulit menyediakan pengaman.
3. Seluruh komponen SO berada di satu ruang alamat.

  • Sistem Berlapis

Hasil gambar untuk sistem berlapisPada dasarnya system operasi berlapis dimaksudkan untuk mengurangi kompleknya rancangan dan implementasi dari suatu system operasi. Contoh sistem operasi yang menggunakan sistem ini adalah: UNIX termodifikasi, THE, Venus dan OS/2. Dengan system modularisasi, setiap lapisan mempunyai fungsi (operasi) tertentu dan melayani lapisan yang lebih rendah.
Ciri - cirinya :


1. Memiliki semua keunggulan rancangan modular.
2. Yang digunakan sistem ini, UNIX, THE, Venus dan OS/2.
3. Bisa dirancang, di uji, secara independen.

  • Sistem Cilent/Server

Hasil gambar untuk Sistem client/serverSistem operasi modem memiliki kecendrungan untuk memindahkan kode ke lapisan yang lebih tinggi dan menghapus sebanyak mungkin, kode-kode tersebut dari sistem operasi sehingga akan meninggalkan keruel yang minimal. Konsep ini biasa diimplementasikan dengan dengan cara menjadikan fungsi-fungsi yang ada pada sistem operasi menjadi user proses.
Ciri - cirinya :

1. Dapat diadaptasikan pada sistem terdistribusi.
2. Pengembangan dapat dilakukan secara modular
3. Proses server kritis tetap di kernel, yaitu proses yang biasanya berhubungan dengan hardware.

  • Sistem Virtual mesin
Hasil gambar untuk Sistem virtual sistem
Mesin virtual menyediakan antar muka yang identik untuk perangkat keras yang ada. Sistem operasi ini membuat ilusi atau virtual untuk beberapa proses, masing-masing virtual proses mengeksekusi prosessornya dan memorinya (virtual) masing masing. Meskipun konsep ini cukup baik, namun cukup komplek untuk diimple-mentasikan, karena system menggunakan metode dual-mode.
Ciri - cirinya :

1. Menyediakan proteksi yang lengkap untuk sumber daya sistem.
2. Mesin yang cocok untuk riset dan pengembangan system operasi.
3. Konsep mesin virtual sangat sulit untuk mengimplementasikan kebutuhan dan duplikasi yang tepat pada mesin yang sebenarnya.
  • Sistem Berorientasi objek
Hasil gambar untuk Sistem Berorientasi objek
Pada sistem operasi berorientasi objek, layanan diimplementasikan sebagai kumpulan objek, masing-masing objek diberi tipe yang menandai property objek seperti proses, dirktori, berkas, dan sebagainya. Dengan memanggil operasi yang didefinisikan di objek, data yang berada dalam objek tersebut dapat diakses dan dimodifikasi.
Ciri - cirinya :


1. Kumpulan dari proses untuk menyelesaikan pekerjaannya.
2. Masing-masing objek diberi tipe yang menandai property objek.
3. Data yang berada dalam objek tersebut dapat diakses dan dimodifikasi.

Tidak ada komentar :